RANGKUMAN BUKU
BADUDU JS
“SARI
KESUSASTRAAN INDONESIA I”
A.
Pembagian
Sastra Menurut Zaman
Menurut
zamannya sastra dibagi atas beberapa bagian pembagian ini tak sma pada beberapa
ahli sastra,Masing masing memandangnya dari sudut yang berlainan walaupun pada
hakekatnya sama jua.
1.
Dra.Nyonya B.Simorangki S. Dalam buku kesusastraannya jilid 1 membagi
kesusastraan menurut zamannya sebagai berikut :
a. Kesusastraan
masa lama atau purba,
b.Kesusastraan
masa hindu/Arab,
c. Kesusastraan
masa baru,terbagi atas :
1) masa
abdulah bin abdulkadir munsyi,
2) masa balai
pustaka,
3)masa pujangga baru,
4)kesusastraan
mutakhir.
2. Usman effendy
membaginya sebagai berikut :
a.Kesusastraan Lama (.....-1920)
b.kesusastraan baru (1920-1945)
c.kesusastraan modern (1945-.....)
3. Sabarudin Ahmad
A.
kesusastraan lama a. Dinanisme
b. Hindumisme
c. Islamisme
B. kesusastraan
baru a.masa abdulah bin abdul kadir munsyi
b.masa balai pustaka
c.masa pujangga baru
d.masa angkatan 1945
Dan menurut
pengarang buku ini pembagian kesusastraan menurut zamannya adalah sebagai
baerikut :
A. Sastra
Melayu
a. Masa purba
b. Masa Hindu-Arab
(Islam)
c. masa
abdullah bin abdul kadir munsyi
B. Sastra
Indonesia
a. Masa angkatan balai pustaka
b.Masa Angkatan
Pujangga Baru
c.Masa
Angkatan 1945
d. Masa
sesudah Angkatan 1945
A. Kesusastraan Melayu
Dan dibuku ini
dibahas mengenai angkatan-angkatan puisi di zamannya.
a.
MASA PURBA
Pada masa atau
zaman ini.kepercayaan masyarakat terhadap tenaga-tenaga gaib dalam alam dan
isinya sangatlah besar.itu sebabnya zaman ini melahirkan buah kesusastraan yang
meliputi kesusastraan yang meliputi mantra.
Contohnya :
Mantra
Memasuki Hutan Rimba
Hai, si Gempar
alam
Gegap gempita
Jarum besi
akan romaku
Ular tembaga
akan romaku
Ular bisa akan
janggutku
Buaya akan
tongkat mulutku
Harimau
menderam di pengeriku
Gajah
mendering bunyi suaraku
Suaraku
seperti bunyi halilintar
Bibir
terkatup,gigi terkunci
Jikalau
bergerak bumi dan langit
Bergerak hati
engkau
Hendak marah
atau hendak
Membiasakan
aku
b. MASA HINDU-ARAB (ISLAM)
Ketika hindu
masuk ke indonesia,maka masuk pulalah pengaruh kebudayaannya.oleh sebab
itu,maka pulalah pengaruh kesusastraan hindu ke dalam kesusastraan melayu,juga
ke dalam kesusastraan jawa dan sunda.Hasil-hasil sastra meliputi
dongeng-dongeng mengenai dewa-dewa manbang dan peri,yang bertalian dengan
kepercayaan dalam agama mereka.
Agama islam
masuknya ke indonesia tentu saja membawa pula pengaruh yang bukan sedikit dalam
kebudayaan bangsa indonesia,demikian juga dalam kesusastraannya,tokoh tokoh
dalam zaman ini adalah :
1. Hamzah fansuri
2. Syekh Nuruddin Ibn Ali Ar-Raniri
3. Samsuddin As-Samatrani,dan
4. Raja Ali Haji
Contohnya :
Gurindam Raja
Ali Haji
Gurindam pasal pertama
Barang siapa tidak memegang agama
Sekali-kali tidaklah boleh di bilangkan nama
Barang siapa mengenal yang empat
Ia itu lah
orang marifat
Barang siapa
mengenal alloh
Suruh dan
tengahnnya tiada ia menyala
Barang siapa
mengenai dunia
Tahulah ia
barang yang terperdaya
Barang siapa
mengenal akhirat
Tahulah ia
dunia madarat
Kurang
fikir,kurang siasat
Tinta dirimu
kelah tersesat
Fikir dahulu
sebelum berkata
Supaya
terlelah selang sengketa
Kalau mulut
tajam dan kasar
Boleh di timpa
bahaya besar
Jika ilmu
tiada sempurna
Tiada berapa ia berguna
c.
MASA ABDULLAH BIN
ABDUL KADIR MUNSYI
Abdullah lahir
pada akhir abad ke-18 (1797) dan meninggal pada tahun 18 dijedah,ayang dan
neneknya keturunan arab.kawin dengan seorang peerempuan india,ia mengagumi
kulit putih mengagumi kepadaian dan sifat-sifat mereka yang di anggapnya
baik,karena itu ia bergaul dengan merekan di antarannya raffles.
Selain menjadi juru bahasa dia juga sering menulis beberapa buku,dia juga
seoarang pujangga yang mula-mula sekali menulis riwayat hidupnya karena sebelum
dia tak ada pujangga yang menulis otobiografi,untuk mengukuhkan namanya sebagai
pujangga ,dia mengarang dalam bentuk syair perihal Singapura Dimakan Api
Ciri-ciri kesusastraan
zaman ini adalah :
1. Bercorak
baru dari sebelumnya ,karena semua yang ditulis sesuai dengan masyarakat
sehari-hari.
2. Menghindari
penggunaan bahasa klise dan bahasa kearab-araban yang sebelum itu
berlebih-lebihan.
3. Langgam bahasa
yang digunakan berbeda dengan yang sebelumnya,bersifat laporan
,emyebabkan orang menamakannya sebagai wartawan yang pandai mempergunakan
penanya untuk melukis apa-apa yang dilihat dan di alaminya.
Contoh sastra ini
adalah :
Syair perihal
singapura dimakan api
B. Kesusastraan indonesia
Munculnya
kesusastraan indonesia dimulai pada awal abad ke-20 ,kesusastraan indonesia
muncul sebagai kelanjutan kesusastraan melayu. Berdirinya bali pustakamenjadi
awal menghasilkan karangan-karangan anak bangsa indonesia.bahasa
pengarang yang dipakai pengarang-pengarannya walaupun tidak dapat kita katakan
sama benar stukturnya dengan bahasa indonesia dewasa ini,tak dapat lagi
dikatakan sama dengan bahasa melayu yang dipakai oleh pujangga-pujangga sebelum
abad ke-20.
Kebanyakan
pengarang balai pustaka berasal dari minangkabau.karena itu,bahasa mereka
banyak dipengaruhi oleh bahasa melayu minangkabau.bahasa balai pustaka dapat
dianggap sebagai bahasa peralihan dari bahasa melayu klasik kepada bahasa
melayu modern.bahwa bahasa mereka masih banyak mempergunakan bahasa klise,suatu
sekali melepaskan dirinya dari kebiasaan lama.
Kebangunan
nasional bermula pada awal tahun-tahunan 20an disusul dengan pernyataan bangsa
indonesia pada hari sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 yang menetapkan
bahwa bahsa indonesia merupakan bahasa persatuan kita.bahasa indonesia yang di
maksud tentu tak lain dari bahasa melayu.perubahan nama tentu saja tidak
identik dengan perubahan pola stuktural karena perubahan terhadap stuktural
bahasa oleh bermacam-macam pengaruh dari luar prosesnya berjalan secara
bertahap.jika kita perhatikan tentulah akan nyata bahwa bahasa indonesia yang
diproklamasikan pada hari sumpah pemuda tahun 1928 itu perlahan-lahan sudah tumbuh
dan berkembang sehingga mencapai bentuknya sekarang ini.
Bahasa
indonesia telah berkembang dari bentuk bahasa melayu kepada bentuknya yang
sekarang ini.berdasarkan perubahan dalam perkembangan bahasa dan perbedaan isi
karangan (tema,pandangan,cara)sejak tahun 20-an sampai sekarang
ini,kesusastraan indonesia dapat dibagi sebagai berikut:
a. Masa Angkatan Balai Pustaka
b. Masa angkatan Pujangga Baru
c. Masa Angkatan 1945
d. Masa Sesudah Angkatan 1945
Menurut
Arminjn pane (alm)dalam karangannya “kort overzicht van de moderne indonesische
literatuur” dalam majalah de fakkel jakarta 1949,mengemukakan mengapa maka
sastra melayu/indonesia sesudah abdullah bersifat baru.menurut dia sastra
melayu/indonesia sejak merari siregar bersifat baru atau modern.tulisannya
kenyataan berhadapat dengan mimpi,ungkapan pribadi dalam keasliannya berhadapan
dengan peniruan yang beku,kesegaran dan kelincahan berhadapan dengan
kesenadaan,sebuah sanubari baru dan jiwa baru.
a. MASA ANGKATAN BALAI PUSTAKA
Pada tahun
1980 tanggal 14 september,dengan ketetapan gubernemen no.12,didirikan sebuah
bada penerbitan dengan nama Commissie voor de volkslectuur (taman bacaan
rakyat).di bawah pinpinana G.A.J Hazeu.pada tahun 1917 namannya di ganti
menjadi balai pustaka,sesuai perkembangan usahannya berturut-turut balai
pustaka dipimpin oleh Dr.D.A Rinkes,Dr.G.W.J Drewes,Dr.K.A.H Hidding:dalam
pinpinana mereka balai pustaka maju dengan pesat.
Karena balai
pustaka berada di bawah asuhan aparatur pemerintahan penjajah,maka tentulah
harus tunduk pada ketentuan-ketentuan pemerintahan.itulah sebabnya,selain dari
pada yang sudah disebutkan di atas,sebenarnya pendirian balai pustaka mempunyai
latar politisi.
Ketentuan yang menjadi
pegangan balai pustaka dalam menerbitkan sebuah karangan ialah:
1. karangan tak boleh
menyinggung-nyinggung soal pilitik.
2. karangan janganlah
sampai menyinggung perasaan segolongan orang dalam masyarakat karena mengganggu
keamanan negri terganggu.
3. jangan pulalah
hendaknya karangan-karangan itu sampai menyinggung perasaan seoarang atau agama
yang di anutnya.
Pada masa balai
pustaka ini di terbitkan beberapa kumpulan puisi pujjangga-pujangga muda yang
kemudian digolongkan ke dalam angkatan pra pujangga baru.
tokoh-tokohnya
adalah : Mohamada Yamin ,Rustam Effendi,Sanusi Pane,dan Yogi (nama samaran
A.Rivai)
contoh puisi
angkatan balai pustaka :
bahasa,bangsa
karya : M.Yamin
selagi kecil usia muda
tidur si anak di pangkuan bunda
ibu bernyanyi lagu dan dendang
memuji si anak banyaknya sedang
berbuah sayang malam dan siang
buaian tergantung di tanah moyang
.........
1922
b. MASA ANGKATAN PUJANGGA BARU
Dengan lahirnya
pujangga baru dimulailah kesusastraan indonesia yang sesungguhnya dan kesusastraan
melayu bumi indonesia berakhirlah.pujangga-pujjangganya terdiri atas berbagai
suku bangsa yang mempergunakan bahasa indonesia sebagai bahasa perjuangan
,bahasa untuk melahirkan perasaan pemikiran menuju cita-cita yang luhur yaitu
kemerdekaan dan kemajuan bangsa.
tokoh-tokoh pujangga
baru :J.F Tatengkeng (Sangir), M.R Dajoh(Minahasa).A.M Dg.Myala (Bugis),Aoh
Kartahadimadja (sunda)Intojo(Jawa) sastra indonesia kini bukan monopoli suku
bangsa melayu.
Pelopor-pelopor
pujangga baru ialah tiga serangkai :
1.Mr.St Takdir
Alisjahbana
2.Armijn Pane
3.Amir Hamzah
Merekalah penanda
tangan manifes pujjangn baru yang mengajak para pujjanga muda untuk bersatu
memajukan bahasa,sastra dan kebudayaan indonesia.semangat yang mendorong
lahirnya pujangga baru ialaih:perasaan ingin merdeka ,tidak terkungkung dalam
melahirkan perasaab,kehendak dan pendapat menurut gerak sukma dan jiwa
masing-masing.dan tujuannya juga untuk kemajuan negara indonesia bahsa dan
budayannya bangsa indonesia harus dapat maju seperti bangsa barat.
Dasar yang dipakai
oleh pujangga baru adalah mencntoh sebanyak-banyaknyan apa yang dapat dicontoh
dari luar terutama dari barat dengan tanpa mengabaikan kebudayaan
sendiri.pujangga baru banyak dipengaruhi oleh angakatan 80 negeri belanda.
Angakatan pujangga
baru dinamai dengan angkatan 30han berdasarkan tahun 1933 tahun berdirinya
punjangga baru.
Contoh puisi pada
zaman ini :
Keinginan untuk
melepaskan diri dari segala macam ikatan lama dapat kita rasakan pada sajak
rustam efendi di bwah ini:
BUKAN BETA BIJAK
BERPERI
Bukan beta bijak berperi
Pandai mengubah madahan syair
Bukan beta budak negri
Musti menurut undangan mair
Sarat saraf saya mungkiri
Untai rangkaian seloka lama
Beta buang beta singkiri
Sebab laguku menurut sukma
sudah sungguh saya sampaikan
Degup-degupan di dalam kalbu
Lemah laun lagu dengungan
Matnya digamat rasaian waktu
Sering saya susah sesaat
Sebab mendahan tidak nak datang
Sering saya sulit menekat
Sebab terkurang lukisan mamang
Bukan beta bijak berlagu
Dapat melemah bingkain pantun
Bukan beta berbuat baru
Hanya mendengar bisikan alun
Dari: puisi baru cetakan III,hlm,71
Beberapa perbedaan
antara karya sastra pujangga baru dengan balai pustaka .
1.
Bahasa yang dipakai oleh pujangga baru sudah bahasa indonesia bukan lagi bahasa
melayu,lebih-lebih misalnya Armijn Pane.perbandingan-perbandingan lama yang
berbau bahasa klise sudah ditinggalkan oleh pujangga baru ;begitu juga
kebiasaan berpepatah petitih seperti yang sangat banyak kita jumpai dalam
karangan-karangan balai pustaka sudah ditinggalkan.
2.
Bentuk puisinya telah bebas ,pantun dan syair sudah ditinggalkan timbul
bentuk-bentuk baru dan yang paling digemari ialah bentuk soneta.
3.
Tema cerita tidak lagi hanya berkisar pada adat dikampung nan tak lapuk
oleh hujan tak lengkang oleh panas,misalnya kawin paksa,tetapi lebih luas
misalnya kehidupan masyarakat kota ,pergaulan kaum intelek,emansipasi
wanita,dan sebagainya.
4.
Pengaruh barat menjadi lebih besar dan nyata.
5.
Karang-mengarang tidak lagi hanya menjadi monopoli pengarang-pengarang yang
berasal dari sumatra(terutama minangkabau)tetapi tumbuh meluas ke sekluruh
pelosok tanah air.
c. MASA ANGKATAN 1945
Angakatn 45
lahir di tengah-tengah dentuman meriam dan bom menghebat
dahsyat.hahirnya di zaman pemerintahan pendudukan jepang berkuasa di tanah air
kita.yang di anggap sebagai pelopor zama ini adalah almarhum Chairil Anwa,pada
masa jepang tampak hasil-hasil ciptaan mereka terutama puisi bahwa mereka masih
mencari-cari bentuk,dan sesudah tahun 1945 barulah tampak adanya bentuk
tertentu dari hasilbuah pena angkatan 45 itu.bila angkatan 45 mengatakan ada
perbendaan antara mereka dan angkatan pujangga baru maka Armijn pane salah
seorang dari angkatan pujangga baru mengatakan bahwa angkatan bahwa pada
hakikatnya tak ada perbedaan.
Armijn pane menganggap
bahwa angkatan 45 hanyalah lanjutan angkatan pujangga baru karena pujangga baru
sudah merintis jalan menuju kesusastraan modern.tapi menurut pandangan penulis
:dalam bentuk,karangan angkatan 45 baik puisi lebih bebas dari angkatan
pujangga baru.mengenai isi pujangga baru bercorak idealisme,sedangkan angkatan
45 bercorak realisme.perbedaan ini tentulah disebabkan oleh perbedaan corak
masyarakat jua.masa pujangga baru adalah masa perang-revolusi-kemerdekaan.dengan
sendirinya hasil ciptaan mereka berbeda.namun patut di akui pujangga baru
adalah perintis kesusastraan baru/modern dan bisa di lihat sudut terjangnya
pemakain bahasa,haruslah diakui bahwa pujangga baru melebihi angkatan 45 hal
ini tindaklah mengherankan karena selain bahwa pujangga baru selalu
mementingkan bahasa yang terjaga ,bagi angkatan 45 pun lebih di pentingkan isi
daripada kulitnya.dan angkatan 45 dipengaruhi oleh pujangga pujangga dunia.
Tokoh-tokohnya:Asrul
sani,rivai apin,Pramoedya Anata Toer,Sitor Situmorang,Rosihan Anwar,Rusman
Sutiasuh,TrisnoSumarjo.M.S Azhar,Ida nasution,saadah alim,nurjamsu,samiati
alisjahbana.
Contohnya adalah :
Aku
Karya :Chairul Anwar
Kalau sampai waktuku
Kumau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulang terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap merandang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih perih
Dan aku akan tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi
Perbedaan antara
pujangga baru dengan angkatan 45
1.
isi karangan pujangga baru beraliran idealisme,sedangkan angkatan 45 beraaliran
realisme.
2.
Isi dan bahasa bagi pujangga baru sama pentingnya,sedangkan bagi angkatan
45 isinya yang lebih penting sehingga kalau ,bentuk (bahasa)harus tunduk pada
kepentingan isi.
3.
Angkatan 45 benar-benar mau membentuk sesuatu yang baru diatas reruntuhan yang
lama,bukan hanya melap-lap yang lama sehingga menjadi baru.
4.
Pada penciptaan harus ada kebebasan penuh untuk mencipta,tak terikat oleh suatu
ketentuan apa pun yang sudah ada (ditetapkan)itu sebabnya ,puisi angkatan 45
bebentuk bebas ,lebih bebas dari pada puisi angkatan pujangga baru.
5.
Angkatan 45 ingin melahirkan kebudayaan bukan hanya yang bersifat indonesia
,melainkan juga yang bersifat universal.
d. MASA SESUDAH
ANGKATAN 1945
Angkatan sesudah
45,adalah angkatan 66,Angkatn terbaru,angkatan 50,angkatan 70 dan pengarang menyebutnya
dengan angkakatan sesudah 45.
Tokoh-tokohnya adalah
:taufik ismail,barus siregar,sapardi djoko damono,W.S rendra,Bastari
Asnin,Gunawan muhamad,Bangbang sularto,Hartoyo andangjaja,mansur samin,isma
sawitri,sutardji calzoum bachri,abdul hdi,putu wijaya dan masih banyak
lagi.
Contohnya:
Sajak Abdul Hadi WM
Tawangmangu
Kalau kehijauan yang bangkit dari bukti-bukti
Dan air terjun,dimana aku pernah lewat dan menghirup
Kesegaran pagi dan kuntum melur,sekarang aku batu
yang kau angkat dari tepi sungai dan kau biarkan abadi
seperti nyawa sekarat mengeliat,mengeliat mungkin kau
sedang menghiasku dengan retakan-retakan air hujan
dan keharuan waktu yang beragam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar